IpeNtrJ0R1Tm71aVH3Vg6NXS2EFoQMcM3AIjiUck
Mengenal Genre dan Format Buku Anak

Mengenal Genre dan Format Buku Anak

Di dalam penulisan buku khususnya bacaan anak, kita tentu tidak asing dengan yang istilah cerita rakyat, fiksi, non fiksi, pictbook, dan chapter book, bukan? Hmm, kira-kira, itu apa, ya? Apakah ia termasuk genre, atau format buku anak?

Pictbooks Serial Indahnya Kejujuran


Nah, untuk membantu kita lebih memahami hal tersebut, yuk, kita simak tulisan mengenai genre dan format buku anak berikut!

Genre Buku Anak

1. Simple concept books
Simple concept books atau buku berkonsep sederhana, biasanya diperuntukkan bagi pembaca usia balita. Contoh dari buku berkonsep sederhana ini di antaranya adalah alphabet books, counting books, dan lain-lain.

2. Folktales
Folktales atau cerita rakyat dijadikan genre tersendiri mengingat banyaknya ragam cerita rakyat yang ada. Oleh karena itu, genre folktales insya Allah akan saya bahas lebih lanjut di postingan yang berbeda.

3. Realistic Fiction
Tokoh realistic fiction biasanya manusia khususnya anak-anak, dengan cerita yang memang biasa ditemui dalam keseharian. Begitupula konflik atau permasalahan yang menjadi pembahasan di dalam cerita. Genre ini biasa kita kenal dengan sebutan cernak atau cerita anak.

4. Fantasy
Tokoh dalam buku fantasi biasanya lebih bervariasi. Misalnya hewan, tanaman, peri, raksasa, kurcaci, dan sebagainya.

5. Non Fiction
Buku-buku non fiksi dibagi lagi menjadi 2, yaitu:
a. Informational/Fact books atau yang sifatnya memberikan informasi/fakta, contohnya: How to Books, Questions Book, dan Activity Books.
b. Biography

Format Buku Anak

Format buku anak diklasifikasikan berdasarkan size dan content, menjadi:
1. Pictorial books
Pictorial books atau biasa kita sebut picture books atau pictbooks adalah buku yang menempatkan gambar sebagai bagian penting dan dominan. Perbandingan gambar dan teks pada picture book adalah 80 : 20. Cerita di dalam picture books masih sangat sederhana.

2. Illustrated story books
Cerita di dalam illustrated story books sudah lebih kompleks dan porsi gambar juga lebih sedikit.

3. Big books
Big books atau buku dengan ukuran besar ini biasanya digunakan untuk kegiatan membaca bersama atau story telling.

4. Chapter books
Ilustrasi chapter book sangat sedikit dan perannya hanya sebagai pelengkap dalam cerita. Pembaca sasaran chapter book biasanya anak-anak yang dalam masa transisi ke usia remaja.

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan mengenai genre dan format buku anak. Semoga bermanfaat. ^^ [Izzah Annisa]
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates