Mengisi Pelatihan Menulis Cerita Anak Forum Lingkar Pena (FLP) Bandarlampung

Beberapa waktu yang lalu, saya diminta oleh pengurus Forum Lingkar Pena (FLP) Bandarlampung untuk mengisi pelatihan menulis cerita anak. Pelatihan ini diperuntukkan bagi anggota muda FLP yang baru bergabung. Meskipun sebutannya anggota muda, namun, anggota baru ini sesungguhnya berasal dari latar belakang yang berbeda. Mulai dari siswa sekolah, mahasiswa, guru bimbel, dosen, dan lain-lain.

Waktu yang diberikan kepada saya adalah mulai dari pukul 08.00 - 10.00 WIB. Saya memberikan materi tentang sumber ide dan cara mengolah ide tersebut menjadi sebuah cerita anak. Mula-mula, saya meminta peserta untuk membuat 3-5 list ide pada karton berbentuk buah apel (buah ide) yang sudah saya siapkan. Setelah selesai, peserta diminta untuk menempelkan buah ide itu pada pohon ide yang sudah ditempel di papan tulis.

Usai melist ide di buah ide dan menempelkannya di pohon ide, selanjutnya adalah bagaimana mengolah ide tersebut menjadi sebuah cerita anak. Sebelumnya, terlebih dahulu peserta diberi materi singkat tentang bagaimana mengolah idenya. Selanjutnya, saya meminta peserta untuk memilih salah satu dari ide yang sudah dilistnya menjadi sebuah cerita yang tidak lebih dari 100 kata. Subhanallah, surprise sekali melihat mereka bisa menyelesaikan cerita dalam waktu yang sebentar. Saya kemudian memberi reward berupa dua buku karya saya kepada dua peserta dengan tulisan terbaik.

Saya sangat senang melihat antusias peserta dalam mengikuti pelatihan ini. Semoga kelak semakin banyak penulis-penulis berkualitas di Lampung, aamin.

Lebih lengkapnya bisa dilihat di video berikut:



0 komentar: