IpeNtrJ0R1Tm71aVH3Vg6NXS2EFoQMcM3AIjiUck
Mengenal Flowcharts Pada Penulisan Pictbook

Mengenal Flowcharts Pada Penulisan Pictbook

Apa itu flowcharts? Flowcharts artinya bagan alur, yang memperlihatkan urutan suatu proses.

Membuat flowcharts sebelum memulai proses penulisan pictbook adalah sangat penting. Hal ini bertujuan agar penulis pictbook bisa menghasilkan cerita yang teratur, menarik, dan tidak terkesan datar. 

Nah, berikut ini adalah flowcharts dalam penulisan pictbook:

1. Set Up
Set up berisi pengenalan tokoh dan biasanya sudah masuk ke konflik. Set up sebaiknya tidak lebih dari 2 halaman, mengingat halaman pictbook yang sangat sedikit.

2. Rising Action
Rising action atau ketegangan meninggi terjadi di saat si tokoh melakukan usaha-usaha untuk mengatasi rintangan dalam mencapai keinginannya. Rising up berfungsi untuk menimbulkan ketertarikan atau ketegangan bagi pembaca.

3. Klimax
Pada tahap ini, si tokoh benar-benar di hadapkan pada puncak konflik atau ketegangan cerita. Kita bisa membuat si tokoh dihadapkan pada pilihan-pilihan - yang semua pilihan itu tidak disukainya - namun memberikan solusi bagi masalahnya.

4. Falling Action
Di tahap falling action, cerita mulai bergerak ke arah penyelesaian, namun detailnya belum terceritakan.

5. Ending
Di tahap ini, barulah konflik si tokoh teratasi. Selain itu, terjadi perubahan pada tokoh atau situasi. Misalnya, tokoh yang tadinya ingin A, di ending mendapat B namun - karena alasan di tahap sebelumnya - si tokoh tetap legowo menerima.

Sampai di sini postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Kita bertemu lagi di postingan selanjutnya, insya Allah. [Izzah Annisa]


SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates