IpeNtrJ0R1Tm71aVH3Vg6NXS2EFoQMcM3AIjiUck
[Buku Cerita Anak] Upacara Begawi Angkon Muaghi

[Buku Cerita Anak] Upacara Begawi Angkon Muaghi

Kaver buku Upacara Begawi Angkon Muaghi


Judul: Upacara Begawi Angkon Muaghi
Penulis: Izzah Annisa
Ilustrator: Larasputri S
Editor: Pradikha Bestari
Penerbit: Direktorat Kepercayaan Kepada Tuhan YME dan tradisi, Direktorat Jenderal Kepercayaan, Kemdikbud

Cerita Singkat di Balik Proses Penulisan Buku Upacara Begawi Angkon Muaghi

Di tahun 2017, saya terpilih menjadi salah satu penulis buku serial kebudayaan Kemdikbud untuk anak-anak.

Sebelum memulai penulisan buku, terlebih dahulu saya dan para penulis terpilih lainnya diminta untuk mengikuti pembekalan di Bekasi. Saat pembekalan, kami juga diminta untuk mempresentasikan konsep naskah yang sudah dibuat.

Selain mengikuti pembekalan, penulis juga diharuskan melakukan survey lapangan sebagai bagian dari riset. Waktu pelaksanaan survey lapangan ini adalah kurang lebih empat hari.

Ketika itu, saya berencana menulis tentang Upacara Begawi Angkon Muaghi. Upacara ini merupakan salah satu tradisi adat khas Lampung, yang bertujuan untuk mengangkat orang lain menjadi saudara.

Survey lapangan saya lakukan di Lampung Timur, karena kebetulan sedang ada yang menyelenggarakan upacara tersebut di sana. Selama empat hari, saya melakukan survey dengan didampingi oleh Pak Guritno dari Kemdikbud pusat.

Poin-poin yang diamati saat survey di antaranya adalah tata cara upacara, pakaian adat, istilah-istilah yang dipakai, dan sebagainya. Terdengar serius dan berat, ya? Hehe...

Tapi, tenang saja. Tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk memperkenalkan kekayaan adat budaya Indonesia dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Jadi, insya Allah bukunya sangat asyik dibaca.

Cuplikan cerita dan ilustrasi
di dalam buku Upacara Begawi Angkon Muaghi


Setelah dua tahun, buku-buku yang kami tulis akhirnya ditayangkan di laman web Kemdikbud. Termasuk buku karya saya yang bertajuk Upacara Begawi Angkon Muaghi.

Buku ini bercerita tentang seorang anak bernama Panca (tokoh utama) yang berlibur di Lampung Timur. Ia penasaran ingin menyaksikan seperti apa sih, keseruan Upacara Angkon Muaghi.

Bersama sepupunya yang bernama Lamudin, Panca mendapat pengalaman liburan yang seru selama di Lampung Timur. Ia juga memperoleh teman baru yang merupakan seorang difabel.

Nah. Seperti apa keseruan liburan Panca di Lampung Timur? Teman-teman bisa mencari tahu dengan membaca bukunya. Versi onlinenya bisa dibaca di sini:



Oh, iya. Buku-buku ini tidak dijual di toko-toko buku, melainkan akan dicetak untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah dasar di seluruh Indonesia. Semoga bermanfaat. [Izzah Annisa]

Baca Juga
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates